.

Selasa, 22 Februari 2011

Martabak Mesir ( Martabak Kubang ) Ala Ummu Maryam

Siapa sih yang nggak suka makanan khas yang satu ini. Kalo sudah terhidang di meja, jarang yang mau nolak, apalagi ana..hehe...dibawah ini ada resep martabak Mesir a.k.a martabak Kubang a.k.a martabak telor...Tapi ini cuma namanya aja yang Mesir, padahal makanan ini banyak dijual di Sumatera Barat, tempat kelahiran saya...,selamat mencoba ya ummi..:)
Bahan :
* kulit spring roll yang besar
* margarin atau minyak goreng
*250 gram daging sapi or kerbau giling
*daun seledri/daun sup yang banyak, iris-iris,
* bawang merah dan bawang putih halus, bawang bombay di iris tipis2
*garam secukupnya
* gula pasir secukupnya sebagai pengganti penyedap
* merica
*ketumbar
* jintan
* aku pake bumbu rendang yang dijual di toko bumbu
*telur ayam atau telur bebek lebih enak, dikocok lepas bubuhi garam dan merica

Cara Membuatnya :
1.Tumis bawang-bawangan, masukkan merica, garam, gula, ketumbar, bumbu rendang, jintan , tumis hingga harum, masukkan daging giling, aduk hingga rata.sisihkan
2. siapkan wajan datar
3. Oleskan dengan margarin atau minyak goreng
4. Letakkan spring roll, tarok diatasnya daun seledri iris, tumisan daging giling dan tuangi kocokan telur, langsung lipat, hidupkan kompor, goreng martabak dengan cara membalik-balik agar matang merata. lakukan hingga adonan habis

Bahan untuk kuah kecap :
1. Gula enau di panaskan dengan air, lalu saring
2. Masak saringan gula enau diatas api kecil,tambahkan ebi, bawang putih giling, satu sendok merica atau irisan cabe rawit hijau, irisan tomat dsan bawang bombay
3. Sajikan dengan martabak Mesir.

Baca Yang Ini Juga Ya...



0 komentar:

Posting Komentar

Adab Berkomentar:
Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya:
“Sesungguhnya Allah meridhai kalian pada tiga perkara dan membenci kalian pada tiga perkara pula.
Allah meridhai kalian bila kalian:
(1) Hanya beribadah kepada Allah semata, (2) Dan tidak mempersekutukan-Nya, (3) Serta berpegang teguh pada tali (agama) Allah seluruhnya, dan janganlah kalian berpecah belah
Dan Allah membenci kalian bila kalian:
(1) Suka qiila wa qaala (berkata tanpa dasar), (2) Banyak bertanya (yang tidak berfaedah), (3) Menyia-nyiakan harta”
(HR. Muslim no. 1715)

  © Blogger template 'TotuliPink' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP  

;